Fakta Unik Paus Orca


gambar paus orca
Sumber: Greeners.Co

Orca merupakan paus yang dianggap sebagai predator puncak yang memburu ikan hingga paus biru besar. Itu sebabnya orca disebut paus pembunuh.

Pelaut zaman dahulu yang melihat hewan ini memburu ikan paus akhirnya memberikan julukan “assesina ballenas” atau “pembunuh paus”. Bahkan, nama latinnya yaitu Orcinus orca yang secara harfiah dapat diterjemahkan menjadi “raja kematian”.
Orca termasuk dalam famili Delphinidae, yang mencakup semua lumba-lumba samudera, termasuk lumba-lumba hidung botol yang mudah ditemukan. Hal tersebut yang membuat orca juga sangat cerdas seperti lumba-lumba. Dan seperti anggota famili Delphinidae lainnya, orca mendapatkan skor yang sangat tinggi menurut metrik ini. Penelitian juga menunjukkan bahwa otak orca dapat melakukan banyak konvolusi (menggabungkan dua set angka). 


Otak Orca memiliki begitu banyak neuron bermyelin sehingga memiliki kekuatan saat otak bekerja. Orca juga merupakan satu-satunya spesies non-manusia yang berevolusi tidak hanya berdasarkan genotipe dan fenotipe, tetapi juga berdasarkan budaya.


Berikut Fakta Unik dari Paus Orca, mari kita simak:
1. Memiliki pola warna hitam dan putih yang khas. 
Bagian punggung bewarna hitam dan perut putih selain itu, terdapat bercak putih di dekat setiap mata.


2. Orca adalah anggota terbesar dari keluarga lumba-lumba
Meski namanya paus pembunuh, tetapi orca termasuk ke dalam keluarga lumba-lumba. Secara taksonomi, orca masuk ke dalam keluarga Delphinidae yaitu kelompok lumba-lumba laut.


3. Orca mampu mendengar hingga ratusan kilometer di bawah air.
Paus orca memiliki indra pendengaran yang tajam. Orca memiliki cara berkomunikasi khusus dengan orca yang lainnya. Hewan ini berkomunikasi menggunakan suara nada tinggi seperti peluit dan terdengar sampai ratusan kilometer di bawah perairan.


4. Orca tidak bisa mencium
Paus Orca tidak memilkli indra penciuman yang berfungsi dengan baik, tetapi mengandalkan pengelihatan dan pendengaran dalam melakukan perburuan. Hal ini karena tidak memiliki organ penciuman.


5. Dikenal sebagai hewan pemburu
Sebagai predator di lautan, Paus Orca merupakan predator tertinggi. Kelompok ini dikenal sebagai pemburu yang handal di lautan karena memakan hewan yang ada di lautan.


Demikianlah sekilas info dan fakta unik tentang paus orca, semoga bermanfaat teman-teman semua. Salam dari kami, HMJ Medinfo✨


Follow our another social media 
Instagram: hmjbiologi.uinws
YouTube: HMJ Biologi UIN Walisongo 
TikTok: hmjbiologi.uinws
Spotify: HMJ Biologi UIN Walisongo 
Web: https://hmjbiologiwalisongo.wordpress.com 

Penulis: Salwa dan Hasna

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Getion Internal HMJ Biologi dan Gizi

HMJ Biologi Menebar Kebaikan Dengan Berbagi Takjil

Adakan Raker HMJ Biologi 2024 Gaungkan Tema Solidaritas