Selamat Memperingati Hari Lahirnya Pancasila

Semarang - Hari ini (01/06) diperingati sebagai hari lahirnya pancasila. Sejarah lahirnya pancasila dimulai dari kekalahan Jepang dalam Perang Pasifik, kemudian upaya merebut hati masyarakat dengan menjanjikan kemerdekaan Indonesia dan membentuk lembaga untuk mempersiapkannya. Nama lembaga ini adalah Dokuritsu Junbi Cosakai. Dalam sidang pertamanya membahas dasar negara pada tanggal 29 Mei 1945 yang bertempat di Gedung Chuo Sang (sekarang Gedung Pancasila).


sumber: Freepik

BPUPKI (Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indinesia) melaksanakan siding sebanyak 2 kali. Pada sidang BPUPKI yang kedua, Ir. Soekarno berkesempatan menyampaikan pemikirannya tentang konsep asli Pancasila yang menjadi dasar negara Indonesia pada tanggal 1 Juni 1945 dalam pidatonya “Lahirnya Pancasila”. 


Pancasila adalah ideologi bangsa, landasan bangsa Indonesia dan pandangan hidup.  Panca artinya lima, sedangkan sila artinya prinsip atau asas yang telah disempurnakan melalui rumusan Pancasila dan dibentuknya Undang-Undang Dasar yang berlandaskan kelima asas. Asas yang disebutkan Ir. Soekarno dalam Pancasila adalah sila pertama “Kebangsaan”, sila kedua “Internasionalisme atau Perikemanusiaan”, sila ketiga “Demokrasi”, sila keempat “Keadilan Sosial”. Sila Kelima “Ketuhanan Yang Maha Esa”.


Peringatan hari lahir Pancasila tahun 2024 ini mengusung tema “Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045”. Tema ini mencermikan bahwa pentingnya Pancasila dalam menyatukan Indonesia dengan segala macam perbedaan baik suku, ras, agama, maupun budaya. Kita sebagai generasi penerus bangsa harus menghargai para leluhur yang telah menyatukan wilayah Indonesia dan menjadikan Pancasila sebagai dasar dan filsafah negara. Hari lahirnya Pancasila diperingati setiap tanggal 1 Juni dan di meriahkan dengan upacara bendera. 

Masyarakat Indonesia dituntut untuk turut memeriahkan hari lahirnya Pancasila ini dengan mengikuti upacara bendera. Upacara bendera yang dipimpin oleh Presiden Jokowi tahun ini untuk memperingati hari lahirnya Pancasila tahun ini dilaksanakan di Dumai, Provinsi Riau pada Sabtu 1 Juni 2024. Upacara bendera berlangsung dengan sangat khidmat.

Penulis: Salwa dan Hasna

Follow our another social media 
Instagram: hmjbiologi.uinws
YouTube: HMJ Biologi UIN Walisongo 
TikTok: hmjbiologi.uinws
Spotify: HMJ Biologi UIN Walisongo 
Web: https://hmjbiologiwalisongo.wordpress.com 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Getion Internal HMJ Biologi dan Gizi

HMJ Biologi Menebar Kebaikan Dengan Berbagi Takjil

Adakan Raker HMJ Biologi 2024 Gaungkan Tema Solidaritas